10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi International Terbaru !

Posted on

Universitas Terbaik Indonesia

10 Universitas Terbaik di Indonesia versi Internasional – Bagi yang sebantar lagi lulus SMA, pasti akan sibuk memilih kampus tempat terbaik untuk melanjutnya pendidikan di jenjang sarjana. Nah, sebelum memutuskan pilihan kampus yang ingin dituju, ada baiknya memilah-milah dulu, salah satunya dari segi rangking kampus.

Sebagi referensi, trendingtopp.com kali ini akan menginfokan 10 universitas terbaik di indonesia yang masuk ke dalam rangking dunia. Penilaian dilakukan oleh lembaga QS World University Rankings atau biasa juga dikenal dengan Times Higher Education. Penilaian dilakukan dengan menggabungkan 6 unsur penilaian yaitu: Tinjauan Akademik, Rasio Fakultas/mahasiswa, penghargaan yang didapat, reputasi pengawai, rasio mahasiwa internasional, dan rasio staf pengajar internasional.

10 Universitas Terbaik Indonesia
Metodologi Penilaian QS World Top University

10 Universitas Terbaik Indonesia versi Internasional

Berikut daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam QS World Top University, 2019.

1. Universitas Indonesia

Rangking Internasional : 292
Ranking Asia : 57

Urutan pertama, kita memiliki Universitas Indonesia (UI). UI merupakan universitas tertua sekaligus universitas terbaik di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1851 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan tujuan untuk menciptakan asisten dokter tambahan bagi pemerintahan Hindia belanda pada saat itu.

Sempat berpindah ke Yogyakarta pada tahun 1947 dengan nama Universiteit van Indonesië karena pada saat itu Yogyakarta menjadi ibukota negara sehingga kampus nya pun dipindah sementara di Yogyakarta. Pada tahun 1949 UI pun kembali lagi ke Jakarta dengan nama Universiteit Indonesia. UI pada saat itu memiliki Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta, Fakultas Teknik terletak di Bandung (Cikal bakal ITB), Fakultas Pertanian di Bogor (Cikal bakal IPB), Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya (Cikal Bakal Unair), serta Fakultas Ekonomi ada di Makasar (cikal bakal UNHAS). 

Universitas Indonesia hingga saat ini telah menjadi kampus terfavorit masyarakat Indonesia. UI selalu menjadi pilihan utama lulusan-lulusan SMA terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia merupakan kampus paling penting dan berpengaruh terhadap pembangunan bangsa yang berkelanjutan dengan komitmen terhadap pendidikan dan penelitian. Program pascasarjana unggulan terdiri dari 13 Program Pascasarjana Interdisipliner dan lebih dari 30 Program Spesialis / Profesional yang tersedia di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keperawatan.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Rangking Internasional : 359
Ranking Asia : 73

Di urutan ke-2 universitas terbaik di Indonesia ada Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. ITB merupakan pusat sekolah teknik di Indonesia yang pada awal mulanya sebagai sekolah teknik universitas Indonesia. Mulanya, ITB berasal dari sekolah teknik milik pemerintahan Hindia Belanda, Technische Hogeschool (TH) yang didirikan di Bandung pada tahun 1920. Selanjutnya pada pertengahan tahun 40an TH berubah nama menjadi Kogyo Daigaku. Tidak berlangsung lama setelah kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945, kampus ini menjadi Fakultas Teknik dan Departemen Seni Rupa Universitas Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Pada tahun 2000, Keputusan Pemerintah No. 155/2000 tentang Keputusan ITB sebagai Badan Hukum telah membuka jalan baru bagi ITB untuk menjadi badan otonom yang memberikan kebebasan bagi lembaga untuk mengelola bisnisnya sendiri dalam.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Rangking Internasional : 391
Ranking Asia : 74

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas dan Lembaga Riset yang berlokasi di Yogyakarta. UGM didirikan pada 19 Desember 1949. Memiliki luas 360 acre, UGM terdiri dari 18 fakultas, 68 program studi sarjana, 23 program studi diploma, 104 program studi magister dan spesialis, dan 43 program studi Doktoral. UGM memiliki kurang lebih 55.000 mahasiswa aktif dengan 1.187 mahasiswa asing saat ini.

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas paling bergengsi yang ada di Indonesia. UGM menerapkan area Educopolis, sebuah langkah yang diambil dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi keberlangsungan proses belajar-mengajar. Upaya tersebut dilakukan untuk mengembangkan kolaborasi multi-disiplin ilmu dan sebagai upaya menangani masalah ekologi, hal yang menjadi visi Universitas Gadjah Mada.

Area Educopolis dilakukan dengan beberapa tujuan dan langkah yaitu: Mengurangi polusi dan emisi gas buang kendaraan, peningkatan kebiasaan berjalan kaki, pembatasan kendaraan yang memasuki areal kampus, pembangunan asrama mahasiswa di lingkungan kampus, pengembangan sistem parkir kendaraan, Peningkatan areal hijau, dan masih banyak lagi.

4. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Rangking Internasional : 651
Ranking Asia : 225

Universitas Padjadjaran didirikan pada tahun 1957. Terletak di kota Bandung dan Sumedan, Jawa Barat. Pada awal pendiriannya, UNPAD hanya memiliki empat fakultas: Hukum, Ekonomi, Kedokteran dan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam. Sekarang UNPAD telah berkembang pesat dan memiliki bidang studi yang lengkap.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Rangking Internasional : 701
Ranking Asia : 130

Selain menjadi pusat pengembangan ilmu di bidang pertanian di Indonesia, IPB memiliki keunggulan pada Program Pascasarjana dengan beberapa kelebihan sebagai berikut:

  1. Satu-satunya Program Studi Pertanian yang Komprehensif di Asia Tenggara.
    IPB menawarkan 69 jurusan tanaman, hewan, kehutanan, perikanan, ilmu pertanian, ilmu sosial dan ilmu dasar.
  2. Lembaga Penelitian Kualitas Terbesar dan Terbaik.
    Sekolah pascasarjana IPB didukung oleh sejumlah fasilitas laboratorium dan penelitian yang kompetitif secara lokal dan internasional.
  3. Memiliki dosen terkemuka.
    IPB memiliki dosen sebanyak 966 dosen pendukung pada program pascasarjana. Dari jumlah total tersebut, sebanyak 921 dosen (95,3%) merupakan dosen tetap, sementara sisanya sebagai dosen terbang (kondisional). Sebanyak 679 dosen tetap (70,3%) memiliki gelar Doktor dari institusi-institusi terkemuka di Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Australia. Sementara 287 dosen lainnya memiliki gelar Master.
  4. Memiliki kerjasama yang luas dengan Universitas-universitas dan lembaga-lembaga akademis di dunia Internasional.
    Sebagai upaya peningkatan program pascasarjananya, IPB sejak awal sangat tertarik dalam pengembangan dan keberlangsungan kerja sama dengan universitas dan lembaga asing. Termasuk Universitas Wisconsin, Universitas Tokyo, Universitas Adelaide, Universitas Gottingen, Konsorsium Universitas Pertanian SEARCA, JICA, JSPS, USAID, OECF, Bank Dunia, IUC, dan URGE dengan meliputi kerjasama yang melibatkan beasiswa untuk studi lanjutannya.

baca juga : Cara Mengecek Akreditasi Kampus 

6. Universitas Airlangga (UNAIR)

Rangking Internasional : 751
Ranking Asia : 199

Universitas Airlangga secara resmi berdiri pada tahun 1954 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang kesembilan. Terletak di Gubeng, Surabaya, Surabaya, Jawa Timur.

“Kami mempunyai potensi unggul yang sudah ada sejak lama yaitu di bidang kesehatan terutama fakultas kedokteran yang sudah berdiri sejak tahun 1913. Keunggulannya adalah mengenai kompetisi kliniknya,” ujarnya di kantornya,

Poin pendidikan mulai sistem pembelajaran hingga teori yang diajarkan fakultas kedokteran dan fakultas lain Unair sudah terstandar internasional.

Untuk mendukung kualitas pendidikan dan pembelajaran, FK Unair telah memiliki jaringan luas internasional di 17 sekolah kedokteran di Amerika Serikat dan Eropa serta 10 sekolah kedokteran di Australia dan Asia.

7. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Rangking Internasional : 801
Ranking Asia : 271

Universitas Diponegoro (UNDIP) merupakan PTN di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Awalnya UNDIP didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta hingga pada tahun 1961 UNDIP berubah status menjadi universitas negeri. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan melawan kolonial Belanda pada awal abad ke-18.

Saat ini, Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri, cengan status Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

8. Instititut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Rangking Internasional : 801
Ranking Asia : 229

Instititut Teknologi Sepuluh November (ITS) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. ITS didirikan pada tanggal 10 November tahun 1957 oleh Yayasan Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro. Pendirian universitas tersebut langsung diresmikan langsung oleh presiden Soekarno.

Program pascasarjana ITS juga telah mengembangkan kerja sama dengan beberapa universitas dan lembaga besar di luar negeri. Kerjasama terdiri dari penggabungan program pascasarjana dan kegiatan-kegiatan akademik lainnya. Beberapa mitra ITS dalam program pascasarjana antara lain: Universitas Kobe Jepang, Universitas Tohoku Jepang, Universitas Kumamoto Jepang, NTUST Taiwan, Taiwan NCKU, NCU Taiwan, Universitas Darmstaadt Jerman, UTM Malaysia, dan lain sebagainya.

9. Universitas Brawijaya (UB)

Rangking Internasional : 801
Ranking Asia : 301

Daftar universitas terbaik di Indonesia diurutan ke-9 adalah Universitas Brawijaya (UB). UB terletak di kota Malang, provinsi Jawa Timur. UB secara resmi dinyatakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 5 Januari 1963. UB memiliki visi menjadi universitas yang unggul dan berperan aktif sebagai agen perubahan bagi masyarakat melalui pendidikan, penelitian, dan layanan masyarakat sesuai dengan standar nasional dan internasional.

10. ? ? ? ? ? ? ? ? ? ?

Berhubung yang masuk ke dalam kategori universitas terbaik di Indonesia versi QS Word Top University hanya memiliki 9 nama dari Indonesi, jadi silahkan memasukkan sendiri universitas ke 10 yang menurutmu pantas menjadi kandidat daftar 10 universitas terbaik di Indonesia di urutan ke-10. Tulis di kolom komentar ya. Terima kasih.

 

baca juga : Cara menghilangkan mode aman pada smartphone yang tiba-tiba muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *