Cara Membuat Nastar yang Super Lembut tanpa Oven

Posted on

Cara Bikin Nastar

Cara Membuat Nastar tanpa Oven – Hari Raya Idul Fitri tinggal menunggu hari nih, udah siapin semua kebutuhan menyambut lebaran belum? Selain menjadi ajang maaf-maafan, Lebaran tentunya juga menjadi ajang silaturahmi bagi sanak keluarga dan kerabat kita. Dan yang paling unik, ajang silaturahmi nya selalu dilakukan di rumah, biasanya disebut dengan istilah Open House.

Hal yang paling tidak pernah ketinggalan lagi saat Lebaran adalah Kue Lebaran. Gak lengkap rasanya silaturahmi tanpa kue Lebaran. Menyiapkan kue-kue lebaran untuk disajikan kepada sanak keluarga ataupun kerabat yang akan datang berkunjung ke rumah juga sudah menjadi tradisi saat Lebaran.

Naah, kalau soal kue lebaran, tentunya gak ada yang gak kenal dengan Kue Nastar atau Pineaple Tart. Salah satu kue kering paling favorit pilihan ibu-ibu untuk menghiasi indahnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat di hari kemenangan. Kue gurih dengan perpaduan rasa manis dan sedikit rasa asam dari selai nanas nya, kue nastar selalu berhasil memanjakan lidah setiap orang dan membuatya ketagihan.

Kue Nastar memang banyak dijual di toko-toko kue dan supermarket di sekitaran kita. Tapi kalau mau buat sendiri tentunya lebih seru. Beda gitu sensasi, selain itu bisa jadi topik obrolan juga saat ngumpul. Semisal kalau ada yang nyeletuk “iiih enak banget ya Nastar nya, beli dimana?” terus dijawab “hmmm..beli di supermarket di ujung gang sana, hehe” kan biasa aja gitu rasanya. Tapi coba aja kita buat sendiri, bisa dijawab dengan “ooh itu, kemarin buat sendiri, dibantu si kecil” yakin deh, pasti langsung dapat applause, malah bisa-bisa tahun depan jadi bisa bisnis Kue Nastar.

Selain memiliki pride terhadap karya sendiri, membuat kue Nastar sendiri juga punya keuntungan lain seperti dapat mencocokkan dengan selera sendiri, terus bisa juga sebagai ajang kreativitas, misal mengganti selai nanas dengan coklat, atau strawberi, atau membuat bentuk kue yang unik-unik, pokoknya seru deh.

Jadi, sudah siap buat kue nastar sendiri? gak ribet kok, trendingtopp.com akan membagikan cara mudah membuat nastar tanpa oven. Simak baik-baik ya langka-langkah pembuatannya :

Cara Membuat Nastar

Langkah Pertama,
Siapkan Bahan-bahannya

#1 Bahan Pembuat Selai NanasĀ 

  • Nanas segar, 4 buah.
  • Gula pasir, 200 gr
  • Kayu manis, 1 batang
  • Garam dapur, 1 sendok teh

#2 Bahan Pembuat Kue Nastar

  • Kuning telur, 2 butir
  • Gula halus, 3 sendok makan
  • Tepung terigu, 200 gr
  • Margarin, 150 gr
  • Susu bubuk putih, 27 gr
  • Keju cheddar parut, 2 sendok makan
  • Ekstrak Vanila, 2 sendok teh atau bisa diganti dengan 1/2 vanili bubuk
  • Tepung Maizena, 2 sendok makan

#3 Bahan Pembuat Karamel Pelapis

  • Gula merah sisir, 50 gr
  • Gula pasir, 50 gr
  • Air Mineral, 75 ml

Langkah Kedua,
Buat Selai Nanasnya

Setelah mempersiapkan semua bahan-bahan nya, sekarang saatnya beraksi. Yang pertama, buat dulu selai nanasnya dengan cara.

  • Kupas kulit nanas lalu cuci hingga bersih dan jangan lupa membuang bagian tengah nanas.
  • Selanjutnya, haluskan dengan blender buah nanas yang sudah dipotong-potong sampai halus. Selain dengan Belender, penghalusan Nanas juga bisa dengan cara memarut secara manual.
  • Siapkan wajan di atas kompor dengan api kecil, lalu masukkan nanas yang sudah dihaluskan beserta air nanas hasil blenderan.
  • Aduk-aduk nanas blenderan sampai airnya menguap semua.
  • Masukkan gula pasir, garam dan masukkan kayu manisnya.
  • Aduk-aduk sampai benar-benar mengental dan berbentuk selai.
  • Setelah berbentuk selai, angkat dan dinginkan, kemudian masukkan ke dalam toples atau wadah lainnya, tutup ramat hingga kedap udara.

Langkah ketiga,
Bentuk Nastarnya

  • Campurkan Margarine, kuning telur, dan gula putih ke dalam mangkuk besar lalu aduk hingga merata.
  • Tambahkan tepung terigu, ekstrak vanilla, tepung maizena, susu bubuk, dan keju parut. Aduk dengan spatula hingga membentuk seperti adonan.
  • Bentuk selai nanas nya hingga menyerupai bola.
  • Pipihkan 1 sendok adonan lalu beri isian selai nanas. Bentuk menjadi bola, kalau mau buat dengan bentuk lain, silahkan buat sesui selera masing-masing.

Langkah keempat,
Panggang Nastar nya.

Cara Bikin Nastar

Jika tidak memiliki oven di rumah, proses memanggang nastar juga bisa dengan Panci Steamer/Pengukus. Cara nya tidak jauh berbeda dengan menggunakan oven, yaitu seperti berikut:

Cara Bukin Nastar
Gambar : Panci Steamer/Pengukus
  • Panaskan panci pengukus tanpa air beserta dengan saringannya di atas kompor. Oleskan Blue Band Cake and Cookie pada saringan panci.
  • Masukkan bola-bola Nastar ke dalam panci. Masak Nastar hingga kurang lebih 15 menit dengan api kompor kecil sampai matang dan Nastar berwarna agak kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  • Siapkan cairan karamel: panaskan gula merah, gula pasir, dan air di panci kecil, di atas kompor dengan suhu sedang. Biarkan mendidih lalu kecilkan suhu api hingga terbentuk cairan karamel. Matikan kompor.
  • Oleskan cairan karamel di atas permukaan Nastar yang telah matang untuk memberi kesan mengkilap.
  • Diamkan sejenak hingga lapisan karamel mengering.
  • Masukkan ke dalam toples, dan Nastar sudah siap disantap. Selamat Menikmati.

Demikian lah cara membuat nastar tanpa oven yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Mohon maaf lahir dan batin – trendingtopp.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *