9 Resep Kue Lebaran Unik Terbaru 2020, buat #dirumahaja

Posted on

Kue Lebaran Unik | Pandemi Virus Corona yang mengakibatkan kita harus ikhlas menjalankan ibadah puasa #dirumahaja harus selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan kreatif selama di dalam rumah, kalau tidak pasti akan sangat membosankan.

Udah mau lebaran juga nih guys, selain menjalankan ibadah di bulan puasa, tidak ada salahnya jika kita mengisi waktu dengan mengerjakan kegiatan-kegiatan yang berguna lainnya.  Seperti mempersiapkan lebaran dengan membuat kue lebaran.

Nah, cerita soal kegiatan kreatif, salah satu yang bisa dicoba adalah dengan membuat kue lebaran. kan udah mau lebaran juga, trendingtopp.com kali ini akan membagikan sembilan resep kue lebaran unik yang bisa kamu coba di rumah. berikut resepnya.

Resep Kue Lebaran Unik 2020

 

1. Choco Crunchy Cheese Thumbnails Cookies

Kue Lebaran Unik Choco Crunchy Cheese

Dari namanya aja udah buat kepengen buat ya, kekinian banget. Coba buat di rumah, cara nya cukup mudah kok. berikut bahan-bahan dan cara pembuatan yang bisa dilakukan di rumah.

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 telur, pisahkan kuning dan putih telur nya
  • 150 gr gula halus
  • 30 gr tepung maizena
  • 1 batang keju cheddar yang sudah diparut
  • 1/2 sdt baking soda
  • 4 sdm susu bubuk, dan
  • 150 gr mentega

Cara pembuatan:

  • Campurkan gula halus dengan mentega, gunakan mixer hingga warna perpaduannya menjadi pucat,
  • Selanjutnya masukan kuning telur, mixer lagi.
  • Matikan mixer, masukan tepung terigu, maizena, susu, dan baking powder.
  • Aduk menggunakan spatula hingga adonan bisa dibulatkan dan tidak bersifat lengket di tangan.
  • Bulatkan adonan, masukan ke putih telur angkat gulingkan ke keju, angkat pindahkan ke nampan.
  • Tekan dengan menggunkan telunjuk tangan tepat di tengah adonan yang sudah dibulatkan.
  • Panggang selama 30 menit dengan suhu di bawah 170 °C, keluarkan, lalu isi dengan filling.
  • Masukan lagi, pergunakan api atas hingga keju agak mengering, berwarna kecoklatan, dan garing. Panggang selama 20 menit.
  • Selesai, Choco crunchy cheese thumbnails cookies siap untuk disantap.

2. Almond-Sesame Crispy Cookies

Kue Lebaran Unik Almond-Sesame Crispy Cookies

Resep kue lebaran unik yang kedua ini wajib dibuat bagi kamu pecinta kacang almond. Kue renyah yang dicampur dengan potongan-potongan almond di atas nya akan membuat suasana lebaran #dirumahaja mu lebih meriah, apalagi dinikmati dengan anggota-anggota keluarga.

Mau buat, begini resep nya :

Bahan-bahan:

  • 100 gr putih telur
  • 50 gr mentega
  • 50 gr margarin
  • 125 gr gula halus
  • Sejumput garam (dikit aja)
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sachet susu bubuk
  • Vanili (sebagai aroma) secukupnya, atau bisa diganti dengan aroma yang lain
  • Keju topping

Cara membuat:

  • Panaskan oven pada suhu 140-150 °C.
  • Aduk gula dan margarin dengan lembut hingga menyatu.
  • Tuangkan putih telur secara perlahan sedikit demi sedikit.
  • Sambil menuangkan putih telur, mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang.
  • Setelah mengembang, turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan tepung (terigu dicampur maizena) sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
  • Beri topping almond yang sudah dipotong tipis-tipis, lalu panggang sekitar 10 hingga 15 menit.
  • Selesai
  • Tunggu hingga dingin sebelum disimpan dalam toples kedap udara.

3. Sagu Keju

Kue Lebaran unik Sagu keju

Sagu keju mungkin terdengar familiar dan sudah cukup lama pada kebanyakan orang, namun, keunikan kue kering ini masih membuat nya pantas untuk tetap jadi santapan favorit saat lebaran nanti. Nah, bagi yang mau mencoba buat di rumah, bisa dicoba dengan resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung sagu/tepung tapioka
  • 100 gr mentega (salted)
  • 25 ml susu cair
  • 75 gr keju cheddar
  • 50 gr gula halus
  • 2 buah telur (kuningnya saja)

Cara membuat:

  • Sangrai tepung sagu kurang lebih selama 10 menit, terus aduk-aduk agar tidak gosong.
  • Setelah selesai disangrai, sisihkan dan dinginkan hingga benar-benar tidak terasa panas lagi.
  • Parut keju nya
  • Mixer mentega dengan gula halus, lalu masukkan kuning telur dan susu cairnya, lakukan selama kurang lebih 3 menit hingga adonan merata.
  • Campur keju parut aduk dengan mixer hingga tercampur semuanya.
  • Panaskan oven.
  • Oles tipis loyang dengan mentega lalu cetak adonannya. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panggang kurang lebih selama 25 menit.
  • Selesai… Sagu Keju mu sudah bisa diposting di instafood mu.

4. Choco Oat Cookies

Kue Lebaran unik Choco Oat Cookies

Kue unik selanjutnya ini sepertinya cocok buat kamu yang sedang melakukan program diet. Oat pada cookies ini  dikenal kaya akan serat yang bisa buat kenyak tanpa menimbun karbo di dalam tubuh. Barikut bahan-bahan dan cara pembuatanya, cukup praktis lho.

Bahan-bahan:

  • 250 gr mentega
  • 200 gr gula aren, disisir halus
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt vanilla essence
  • 250 gr terigu
  • 200 gr oats
  • 25 gr bubuk coklat
  • I/2 sdt backing powder
  • 45 gr choco chip

Cara membuat:

  • Mixer mentega dan gula aren sampai mengembang.
  • Dengan kecepatan rendah, tambahkan telur dan vanilla essence, biarkan tercampur rata, matikan mixer.
  • Campur terigu, coklat bubuk, oats, dan backing powder, aduk sampai rata
  • Tuang ke dalam adonan mentega sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula, tambahkan chocochip, aduk rata.
  • Cetak adonan diatas loyang yang sudah dilumuri sedikit mentega atau langsung pada loyang anti lengket. Pipihkan menggunakan garpu.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 160°C selama 25 menit.
  • Selesai, cobain dulu biar tau rasanya.

baca juga : 10 Ucapan Selamat Lebaran Paling Unik di tahun 2020

5. Cornflake Cheese Cookie 

Cornflake Cheese Cookie 

Bahan-bahan:

  • 200 gr mentega/margarin
  • 200 gr gula pasir
  • 200 gr tepung terigu
  • 125 gr cornflake yang sudah diremukkan
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt extract vanila
  • 50 gr keju cheddar

Cara Pembuatan:

  • Mixer mentega/margarin dengan gula pasir,kuning telur dan ekstrak vanila sampe putih dengan kecepatan sedang, kocok sekitar 3 menit.
  • Matikan mixer lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit aduk sampe rata dengan spatula, masukkan keju, aduk hingga rata.
  • Kemudian masukkan cornflake yang sudah diremukkan lalu aduk rata menggunakan spatula.
  • Ambil adonan lalu susun di loyang yang sudah dialasi baking paper. Bulatkan lalu tekan menggunakan garpu agar lebih tipis.
  • Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, dengan suhu 170 °C dan dipanggang selama 20 menit.
  • Taruh di cooling rack, pastikan bawahnya cookies sudah agak kecoklatan ya.
  • Jika sudah berwarna agak kecoklatan, berarti Cornflake Cheese Cookie mu sudah siap untuk disantap.

6. Cookie Brownies

Cookies Brownies

Apa jadinya jika rasa lezat brownies dijadikan Cookie, kebayang gak sensasi rasanya. Bagini resep pembuatan nya, sangat sederhana untuk kamu lakukan di rumah.

Bahan-bahan:

  • 100 gr coklat DCC (Dark Cooking Chocolate)
  • 60 g margarin
  • 90 g gula pasir
  • 1 butir telur
  • 65 g tepung terigu pro sedang
  • 10 g coklat bubuk
  • 1/4 sdt baking powder

Cara Pembuatan :

  • Lelehkan coklat dengan margarin dengan cara di-steam.
  • Sambil menunggu leleh, kocok gula dengan telur hingga gula menjadi larut.
  • Selanjutnya tuang adonan coklat pada adonan telur dan aduk hingga rata.
  • Tambahkan tepung terigu dan coklat, bubuk dan baking powder, lalu aduk hingga rata.
  • Setelah semua tercampur rata, masukkan adonan ke dalam kulkas kurang lebih 10 menit, agar adonan mudah diambil nantinya.
  • Ambil sesendok adonan yang sudah dari kulkas, taruh di atas kertas baking (Alas kertas berfungksi agar adonan tidak lengket).
  • Panggang pada suhu 150 °C selama kurang lebih 25 menit.
  • Selesai.

7. Nastar Wafer

Nastar Wafer

Nastar sudah menjadi Cookie paling ramai penggemarnya saat lebaran, tapi apa kamu tidak bosan dengan kue nastar yang itu itu saja? Cobain nih, buat nastar wafel, rasakan keunikan rasanya.

Bahan-bahan

1. Bahan kering:

  • 500 gram tepung terigu
  • Vanili
  • 1 sachet susu bubuk putih

2. Bahan Lain:

  • 1/2 gelas gula pasir (diblender)
  • 2 butir kuning telur
  • 450 gram mentega
  • 1 sdm mentega
  • Wafer

3. Bahan oles:

  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm mentega cair (minyak goreng)
  • Secukupnya wijen untuk diatasnya

Cara Pembuatan :

  • Mixer bahan lain tadi dengan kecepatan sedang hingga tercampur merata.
  • Setelah adonan rata, masukkan bahan kering sedikit demi sedikit hingga habis. Mixer hingga rata.
  • Setelah rata, masukkan adonan kedalam kulkas (agar dingin) kurang lebih 10 menit.
  • Keluarkan adonan dari kulkas, diamkan sejenak hingga kembali kedalam suhu ruangan, lalu ambil beberapa adonan, pipihkan adonan, lalu letakkan ditengah-tengahnya wafer coklat, gulung wafer dengan adonan tersebut, lalu potong-potong adonan sesuai selera.
  • Panaskan oven.
  • Sambil menunggu oven panas, susun nastar yang sudah dipotong-potong kedalam loyang (jangan lupa diolesi mentega) lalu olesi nastar dengan kuning telur, lalu beri wijen diatasnya.
  • Setelah oven panas, masukkan nastar kedalam oven. Panggang kurang lebih 20 hingga 25 menit
  • Nastar Wafel mu sudah siap untuk disantap.

8. Strawberry Finger Print Cookies

Strawberry Finger Print Cookies

Dari namanya aja pasti udah tau, Cookie unik satu ii terbuat dari strawberry. Kebayang kan rasanya, coba dibuat deh, nih resepnya.

Bahan-bahan:

  • 80 gr margarin
  • 35 gr mentega
  • 1 butir telur
  • 50 gr gula halus
  • 1 sdm susu bubuk
  • 170 gr tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • Selai strawberry secukupnya
  • 100 gr keju parut
  • Coklat leleh putih untuk hiasan

Cara Pembuatannya:

  • Mixer mentega, margarin, gula halus dan telur hingga merata.
  • Tambahkan terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak, aduk dengan spatula hingga rata.
  • Masukkan adonan dalam kulkas sambil ditutup plastik selama 30 menit Hingga adonan sedikit mengeras.
  • Keluarkan dari kulkas.
  • Timbang adonan seberat 8 gr lalu gulingkan dalam keju, bulatkan lagi. Lalu tata pada loyang yang sudah dialasi baking paper. Buat lubang di tengahnya menggunakan ujung jari.
  • Beri isian selai strawberry di atasnya.
  • Panggang di oven sampai matang
  • Selesai, nikmati dengan secangkir teh hangat.

9. Semprit Susu

Semprit Susu

Resep kue unik yang terakhir adalah Semprit susu, Cookie ini cukup unik dan sangat sederhana, bahan yang diperlukan juga cuma 3 bahan. Berikut resepnya!

Bahan-bahan:

  • 200 gr maizena, ayak
  • 150 gr margarin
  • 2 sch susu kental manis

Cara membuat:

  • Campur margarin dengan SKM dan kocok sampai lembut rata.
  • Kemudian masukkan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula.
  • Aduk sampai tercampur rata.
  • Bentuk adonan ke atas loyang, tambahkan topping coklat atau tanpa topping juga bisa.
  • Panggang pada suhu 175 °C selama 15 hingga 20 menit
  • Sesudah bawahnya kecoklatan, angkat dan dinginkan
  • Kue semprit mu sudah bisa dimasukkan ke dalam topples dan dihidangkan saat lebaran.

Demikian 9 resep kue lebaran unik yang patut kamu coba untuk mengisi kesenjangan di rumah. Selamat mencoba. be creatif and stay at home. salam trendingtopp.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *