Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Posted on

Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar lebih cepat dipanggil interview, beserta contoh nya.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar – Saat sedang mencari pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebagai kebutuhan awal administrasi lamaran pekerjaan, yaitu :

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. ID : Pas foto dan KTP.
  3. Curricullum Vittae (CV)
  4. Ijazah
  5. Sertifikat Prestasi, Pelatihan, Penghargaan, dan lain sebagainya

Banyaknya calon pelamar dalam suatu pekerjaan dan minimnya lapangan kerja yang tersedia tentunya membuat kita harus extra keras dan efektif untuk memposisikan diri kita sebagai orang terpilih dari sekian banyak pelamar yang ada. Salah satu cara untuk menentukan kita terpilih atau tidaknya adalah dengan persyaratan administrasi yang kita berikan kepada pihak si pencari karyawan.

Pada Artikel kali ini, trendingtopp.com akan membahas poin yang pertama, yaitu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sehingga pihak perusahaan yang kita lamar berkeinginan untuk memanggil kita ke tahap wawancara kerja.

Perlu diketahui, surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah kita layak diterima kerja pada tempat yang kita lamar. Surat lamaran kerja yang kita buat merupakan media tertulis pertama tempat kita mempromosikan diri tentang kapabilitas kita terhadap suatu pekerjaan. Tentunya harus ditulis apa adanya tanpa perlu sedikitpun membesar-besarkan ataupun mendiskreditkan diri sendiri.

Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan sebelum Menulis Surat Lamaran Kerja

  1. Jangan keluar dari konteks.
    Jadi bacalah baik-baik persyaratan yang dibutuhkan pada lowongan kerja yang ingin kita lamar.
  2. Gunakan bahasa baku dan formal dengan penulisan yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
    Tentunya hal ini udah dipelajari di bangku kuliah dan diterapkan saat mengerjakan skripsi.
  3. Walau baku, tetap pilih kata-kata yang sederhana, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
    Jadi tidak perlu terlalu over dengan menggunakan istilah-istilah tingkat dewa, yang jarang digunakan pada kehidupan sehari-hari, hal itu malah membuat si pembaca surat lamaran menjadi kesal bukannya senang.
  4. Tujuan surat lamaran harus spesifik.
    Jadi perhatikan baik-baik informasi lowongan kerjanya. Jika informasinya tidak berisi tentang tujuan surat lamaran yang harus ditujukan, berarti kita harus riset sendiri, cari tahu tentang divisi pada perusahaan yang melakukan perekrutan kerja tersebut.
  5. Jika diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan, maka tulis sendiri surat lamarannya.
    Jangan pernah berpikir untuk menggunakan tulisan tangan orang lain. Perlu diketahui bahwa tujuan dari tulisan tangan tersebut adalah si pencari karyawan ingin mengetahui karakter si pelamar kerja melalui tulisan tangannya, jadi be your self. Namun tentu saja harus memperhatikan readabilitas tulisan kita, jangan sampai tidak bisa dibaca, nanti malah masuk tong sampah kalau tidak terbaca.
  6. Perhatikan nilai estetika.
    Jangan sampai kertas nya kotor, jika menggunakan tulisan tangan, sebaiknya alasi tangan kita dengan tissue agar tidak merusak tinta tulisan dan hindari penggunaan tip-ex. Gunakan kertas yang bersih dan jangan sampai berlipat.
  7. Baca ulang setelah selesai menulis.
    Membaca ulang surat yang kita tulis diperlukan untuk memperhatikan kesalahan yang mungkin kita lakukan tanpa disadari. Jangan langsung puas dengan tulisan kita. Baca ulang hingga banar-benar yakin bahwa surat yang kita buat sudah sesuai dengan kriteria yang diingiankan si pencari karyawan, bukan sesuai yang kita inginkan.

baca juga: Kata-kata Bijak 10 orang tersukses di Era Digital

Tahapan Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah memperhatikan dan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Selanjut adalah menulis surat lamaran kerja sesuai tahapan yang baik dan benar. Secara umum, semua surat lamaran kerja menggunakan format dan alur tahapan yang sama kemanapun tujuan dan jenis lamarannya. Adapun tahapan-tahapan dari awal hingga akhir adalah sebagai berikut:

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
    Pada bagian awal, tulis tempat dan waktu pembuatan surat tersebut
    contoh: Jakarta, 29 Mei 2019
  2. Hal dan Lampiran
    Tuliskan Lamaran Pekerjaan sebagai Hal, dan beberapa dokumen pelengkap sebagai lampirannyacontoh:
    Hal     : Lamaran Pekerjaan
    Lamp. : I Bundel Berkas-berkas administrasi
  3. Tujuan Surat.
    Tahap kedua adalah dengan menulis kemana surat yang akan ditujukan dengan spesifik.

    contoh :
    Kepada
    Perusahaan : PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
    K
    epala Divisi Human Resouces Development
    Alamat        : Mid Tower Manhattan Square Building Lt. 29
    Jl. TB Simatupang Kav. 1s Jakarta Selatan, DKI Jakarta

  4. “Salam Hormat, semoga bapak/ibu dalam keadaan sehat bla…bla…bla…“.
    Awali kalimat pembuka dengan kalimat : “Salam Hormat” dan mendoakan orang yang dituju agar senantiasa dalam keadaan baik-baik saja. Hal ini menunjukkan nilai kesopanan dari surat kita sebagai kata pembuka. Rangkailah kalimat sesederhana mungkin tanpa mengurangi esensinya, dan jangan terlalu berlebihan.
  5. Kata pengantar.
    Agar tidak terkesan menjadi surat yang tidak jelas asal dan tujuan nya, maka sebagai kata pengantar kita wajib menyertakan di mana kita mendapat informasi lowongan kerja tersebut. Sebaiknya gunakan referensi tertulis dan fomal, seperti media cetak, internet, iklan televisi, radio, dan lain sebagainya. Hindari mencantumkan mendapat informasi langsung dari kerabat atau teman, jika memang dapat dari teman sebaiknya tanya sumber informasi tertulisnya.

  6. Posisi Pekerjaan.
    Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang akan dipilih jika informasi lowongan pekerjaan mencantum beberapa posisi yang bisa diisi. Hindari menggunakan frasa “posisi apa saja terserah bapak”, hal itu menunjukkan ketidak percaya-dirian dan ketidak-tahuan kita terhadap potensi diri kita sendiri.

  7. Biodata Pribadi.
    Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telephone selular (HP), alamat e-mail, yang aktif dan bisa dihubungi kapan saja. pendidikan, akun medsos dan lain-lain tidak perlu dicantumkan, nanti tulis di CV saja.
  8. Pengalaman Kerja dan Skill khusus
    Jika sebelumnya sudah pernah bekerja, dan pekerjaan nya berkaitan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Atau setidaknya walau tidak dalam bidang yang sama, pekerjaan sebelumnya akan memberi nilai tambah terhadap performa kita pada pekerjaan yang akan dilamar, maka tuliskan saja.
    Jika belum memiliki pengalaman kerja, maka cukup tuliskan bahwa kamu adalah seorang lulusan baru/fresh graduate yang memiliki semangat kerja tinggi.

  9. Antusiasme kita terhadap pekerjaan tersebut.
    Ingat, semua orang butuh duit, makanya harus bekerja. Namun bukan berarti itu harus menjadi tujuan satu-satunya kita untuk melamar pekerjaan tersebut. Tulislah pernyataan yang menunjukkan bahwa kita memiliki passion dan ingin  meningkatkan skill kita di bidang pekerjaan yang kita lamar tersebut. Tunjukan bahwa kita memang suka pekerjaan tersebut, bukan karena ingin gaji nya saja. Hal ini juga merupakan poin yang sangat penting pada tahapan wawancara kerja.
  10. Lampiran 
    Sebelum kalimat penutup, sebaiknya diterangkan bahwa bersamaan dengna surat lamaran pekerjaan tersebut juga disertakan lampiran-lampiran berupa : KTP, CV, Ijazah S-1, Sertifikat pendukung (Sesuai yang diminta pada informasi lowongan pekerjaannya)Sebagai lampiran, kita cukup melampirkan ijazah pendidikan terakhir kita, dan sertifikat-sertifikat yang sekiranya berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kita lamar.
  11. Kalimat Penutup.
    Paragraf terakhir berisi kalimat penutup. misal nya dengan kalimat “demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, semoga bapak/ibu dapat berkenan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
  12. Salam Hormat dan tanda tangan
    Sebelum mengakhiri surat, jangan lupa menyertakan tanda tangan. Hal ini menunjukan bahwa surat yang kita buat adalah asli dan dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar yang bisa kami bagikan. Selanjutnya silahkan baca contoh surat lamaran kerja dalam bentuk Ms Word pada link dibawah ini. Terima Kasih.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan format .doc (Ms.Word)

2 thoughts on “Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *