4 Tantangan Berat PlayStation 5 Saat Rilis

Posted on

PlayStation 5 Rilis

PlayStation 5 | Para pecinta dunia games pasti tidak akan asing mendengar Playstation, sebuah Console Video Game Rumahan yang bisa dikatakan paling laris sepanjang masa di dunia. Jika bicara tentang PlayStation, tentunya saat ini yang sedang ditunggu-tunggu para gamers adalah kehadiran PlayStation 5. yup.. Produk teranyar besutan Sony Interactive Entertainment yang dikabarkan akan diluncurkan tahun 2020 ini.

Namun sepertinya perjalanan PlayStation kali ini tidak akan semulus biasanya. Bahkan para pengamat video games banyak yang meramalkan jika PlayStation 5 akan gagal di pasaran. Wah.. kenapa ya? Berikut trendingtopp akan mengulas 5 Tantangan PlayStation 5 saat rilis di pasaran:

1. Harga Mahal

Di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu, mengeluarkan produk dengah Harga mahal untuk konsumsi umum memang bukan sesuatu yang bijak.

Tahun 2020 dapat dikatakan sebagai tahun yang tidak baik dalam hal ekonomi. Banyak bencana yang terjadi hingga yang paling parah pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini membuat daya beli masyarakat terus menurun.

Pihak Sony Interactive Entertainment memang belum mengumumkan harga PlayStation 5 secara resmi, namun rumor yang beredar consol game tersebut tidak akan jauh-jauh dari harga 499 USD, atau setara dengna Rp 8 juta. itu juga belum termasuk harga controller tambahan dan video game nya yang dapat mencapat harga 1 jutaan.

2. Pilihan Game masih Terbatas

Salah satu faktor yang menunjang semakin lakunya console game di pasaran adalah banyak nya pilihan game yang bisa dimainkan. Semakin banyak pilihan game yang bisa dimainkan, semakin banyak ragam gamers yang ingin memiliki console game tersebut.

Salah satu tantangan PlayStation 5 adalah menyiapkan banyak pilihan game seru yang bisa dimainkan. Karena hingga saat ini, belum ada terdengar banyak pilihan game yang akan dapat dimainkna di PlayStation 5, hal tersebut tentunya dapat menurunkan keinginan beli pasar terhadap PlayStation 5.

Memang, Hdeveloper game pasti butuh waktu yang cukup lama untuk dapat  mengonsep sekaligus mengembangkan video game yang nanti bisa bisa dimainkan di console PlayStation 5.

Biasanya, kita baru bisa mendapatkan beragam pilihan game yang sesuai dengan genre kita sekitar satu hingga satu setangah tahun setelah konsol game nya dirilis.

Namun, tahun ini hal tersebut diperkirakan akan membutuhkan waktu lebih lama, disebebkan adanya pandemi Covid-19. Karena semua sektor produksi game terhambat dan bahkan terhenti beroprasi sama sekali.

3. Kalah Canggih dengan Kompetitor

besar kemungkinan, pesaing berat PlayStation 5, Xbox juga akan merilis produk teranyar mereka ditahun yang sama dengan peluncuran PlayStation 5. Konsol game besutan Microsoft ini sangat berpeluang menghambat pangsa pasar PlayStation 5 karena beberapa kecanggihan yang dimilikinya.

Bahkan, banyak kalangan pengamat video games meramalkan jika PlayStation 5 akan kalah bersaing dengan Xbox Series X dalam hal spesifikasi dan keunggulan-keunggulan fitur lainnya.

Perbandingan PlayStation 5 dengan Xbox Series X

PlayStation 5 dan Xbox Series X sama-sama dilengkapi dengan Processor AMD Zen 2 8-core, namun dari segi kecepatan, Xbox Series X masih menang. Xbox Series X memiliki kecepatan 3.8 Ghz, sementara PlayStation 5 hanya dapat mencapai 3.5 Ghz

Dari kemampuan grafis, juga sama-sama menggunakan GPU AMD RDNA 2. Namun Xbox Series X dapat beroperasi mencapai 12 teraflops, namun PlayStation 5 hanya mampu di angka 10,3 teraflops.

Selain itu, ada fitur-fitur tambahan lainnya yang di miliki X Box Series X yang tidak dimiliki PlayStation 5, seperti streaming dan kemampuan untuk memainkan seluruh video game Xbox keluaran sebelumnya.

4. Efek Pandemi Virus Corona

Pandemi Virus Corona memang sudah menjadi hambatan bagi setiap produksi di semua sektor dan berlaku secara global. Begitu juga dengan produksi-produksi video game di dunia juga telah mengalami kemunduran. kebijakan banyak negara yang merumahkan para karyawan perusahaan tentunya sangat berdampak pada peluncuran produk teranyar PlayStation ini.

Macet nya proses produksi membuat pihak Sony sepertinya harus rela mengundur tanggal perilisan PlayStation 5 dari yang awalnya direncanakan di akhir tahun 2020 harus mundur ke tahun 2021 hingga kondisi global membaik.

mungkin jika dipaksakan, PlayStation 5 masih bisa dirilis ditahun ini. namun jika Pademi Covid-19 belum juga mereda. perilisan akan diadakan tanpa acara besar, dan pastinya jumlah yang diproduksi pun akan sangat terbatas.

Akhir Kata

Begitu lah 4 tantangan PlayStation 5 saat rilisi nanti yang bisa kami ulas. Tentunya kita harapkan tantangan dan rintangan tersbut dapat terjawab dan terlewati oleh PlayStation 5 saat peluncuran nya nanti.

Mari kita tetap berdoa dan berusaha agar Pandemi Virus Corona ini segera membaik dan kita kembali hidup normal seperti biasanya.

Ohya, jangan lupa bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya. Terimakasih. Salam hebat luar biasa untuk kita semua | trendingtopp.com

One thought on “4 Tantangan Berat PlayStation 5 Saat Rilis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *